Produk Garam Desa Oesoko

oesoko
Garam Produk Lokal Desa Oesoko

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) melakukan panen simbolis garam super beriodium di atas area seluas setengah hektare, yang berada di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara.

Panenan garam super yang dilaksanakan pada senin lalu (14/9/2015), hanyalah gebrakan awal untuk mendukung peningkatan produksi dan kecukupan garam super beriodium di wilayah TTU. Sebenarnya, ini merupakan program dari dinas Perindustrian dan Perdagangan NTT, sebab sejak pengerjaan awal sampai dengan produksinya itu, anggarannya ditanggung oleh mereka, jelas Maksimus

Luas lahan untuk penambangan garam itu hanya setengah hektare saja, yang terbagi menjadi 6 bentangan bedeng. Karena hanya sebagai gebrakan awal, maka luas lahan panenan pun hanya setengah hektare saja yang terbagi dalam 6 bentangan bedeng.

Tiap bentangan bedeng hanya mampu menghasilkan 1 ton lebih garam super beriodium. Jadi perhitungan kita, dengan 6 bentangan bedeng itu, kita akan hasilkan 6-7 ton. Itu per 10 hari, karena siklus panenannya tiap 10 hari Ujar Herman Tnesi Kepala Desa oesoko

Harapannya, karena produksi garam super tersebut merupakan program dari pemerintah provinsi, maka ke depannya harus ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten melalui dukungan APBD untuk meningkatkan areal penambangan garam.

oesoko
Panen Garam Desa Oesoko Oleh Wakil Bupati TTU

img_0169

Oesoko
Wakil Bupati TTU Melakukan Panen Gara Hasil Olahan Warga Desa Oesoko

Program ini kiranya perlu didukung terutama melalui APBD untuk memperluas area penambangan garam yang menggunakan teknologi geomembran ini. Dan kita rencanakan untuk menambah luas area satu hektare lagi. Kalau sudah ada penambahan luas area, saya yakin kecukupan garam di wilayah TTU bisa terpenuhi Dan Kita Bisa Menjualnya Ke Luar Pulau.

Facebook Comments
About oesoko 14 Articles
Desa Oesoko kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan