RUMAH PENDUDUK. “Aman, Nyaman dan Sederhana”

Rumah Warga
oesoko
Rumah sederhana nan aman

oesoko.desa.id. 18/12/2016. Jumlah penduduk masyarakat Desa Oesoko sampai Tahun 2016 adalah 320 Kepala Keluarga. dari kesekian KK tersebut sebagian masyarakat masih memiliki tempat tinggal yang sederhana. hal ini dikarenakan faktor ekonomi masyarakat yang pas-pasan. selain faktor ekonomi, ada pula masyarakat tertentu memilih tinggal di rumah seperti ini untuk mendapatkan kesejukan pada saat musim panas.

“kami menggunakan material lokal dimana atapnya terbuat daun gewang yang tersusun rapi, rangka atap terbuat dari susunan kayu bulat yang terseleksi dan dindingnya masih menggunakan bebak. Rumah seperti ini bertahan sampai belasan tahun, menurut Vinsen ketua RT 005. Ia menambahkan lagi bahwa kami sudah nyaman dengan rumah seperti ini, karena pada siang hari tidak terasa panas”

Untuk membangun rumah warga, masyarakat dalam RT tersebut berkumpul untuk membagun dengan mengumpulkan bahan – bahan yang dibutuhkan. hal ini menandakan bahwa sifat gotong royong masih sangat diutamakan masyarakat di pedesaan. (Rays)

 

Facebook Comments
About oesoko 14 Articles
Desa Oesoko kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan